Berdasarkan Peraturan Gubernur Aceh No:32 Tahun 2017-Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Maka Terhitung Sejak November 2017 Pelayanan Izin Penilitian Dialihkan Ke Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh (DPM-PTSP) - Terima Kasih

Peningkatan Pemahaman HAM Bagi Komponen Masyarakat dan Aparatur Pemda Kab. Simeulue

Kategori : goverment Senin, 02 Juni 2014 - Oleh kiram

Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh Bidang Pemantapan Ideologi Kebangsaan bekerja sama dengan Bakesbangpol Kabupaten Simeulue melaksanakan kegiatan yang bertemakan peningkatan pemahaman HAM bagi komponen masyarakat dan aparatur Pemda, acara tersebut diadakan pada Tanggal 05 Mei 2014 di Aula SKB komplek Pemda Simeulue dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari (Aparatur di lingkungan Setda, Dinas maupun Badan, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Generasi Muda dan tokoh perempuan ) di Kabupaten Simeulue.

Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh Nasir Zalba, SE dalam sambutan mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kesbangpol dan linmas aceh tahun anggaran 2014, dimana  Tujuan bantuan hukum dan HAM bagi masyarakat adalah untuk mewujudkan sikap dan tingkah laku yang menghargai dan menghormati hak-hak orang lain dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang bersatu kokoh dan tegar dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan.serta menjamin dan memenuhi hak-hak bagi penerima bantuan hukum dan HAM untuk mendapatkan akses keadilan, mewujudkan peradilan yang efektif, efisien dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Kab. Simeulue dalam pengarahannya mengatakan bahwa Salah satu upaya pembinaan potensi sumber daya manusia agar mampu menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dapat dilakukan melalui Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Pemahaman.Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Kab. Simeulue dalam pengarahannya mengatakan bahwa Salah satu upaya pembinaan potensi sumber daya manusia agar mampu menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dapat dilakukan melalui Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Pemahaman.

Kegiatan ini  berlansung selama 1 hari dan dihadiri   oleh Damrem 012 Teuku Umar  sekaligus membuka kegiatan fasilitasi peningkatan pemahaman HAM di Kab Simeulue.

Dalam kegiatan tersebut yang menjadi pemateri adalah Kemenkumham Aceh, Kesbangpol dan Linmas Aceh, Lembaga Bantuan Hukum serta kesbangpol dan Linmas Simeulue. Dalam kesempatan tersebut masing –masing pemateri menyampaikan materi nya dimana informasi yang disampaikan adalah bahwasanya masyarakat jangan pernah takut melaporkan kepada pihak pihak yang berwenang  jika ada orang, kelompok atau  pihak pihak tertentu melakukan pelanggaran Ham, lembaga bantuan hukum menyampaikan masyarakat  ber hak mendapatkan bantuan hukum tampa dipungut biaya, karena lembaga bantuan hukum menyediakan bantuan hukum secara Cuma Cuma kepada masyarakat yang kurang mampu dengan memenuhi syarat- syarat  penerima bantuan tersebut. Masyarakat sangat terbantu dalam kegiatan ini, mereka juga berharap untuk kedepan kegiatan yang di danai dari APBA Aceh tahun 2014 ini agar dapat dilaksanakan lagi guna pemahaman yang lebih baik.