Berdasarkan Peraturan Gubernur Aceh No:32 Tahun 2017-Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Maka Terhitung Sejak November 2017 Pelayanan Izin Penilitian Dialihkan Ke Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh (DPM-PTSP) - Terima Kasih

Tingkatkan Koordinasi Pengawasan Ormas Asing

Kategori : goverment Jumat, 12 Oktober 2018 - Oleh zuliansyah

     Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh bersama Kesbangpol kabupaten/kota dan unsur beberapa instansi lain menggelar rakor organisasi masyarakat (ormas) asing yang ada di Aceh.
Kegiatan yang berlangsung di Aula Kesbangpol Aceh, Selasa (9/10/2018) itu bertujuan membangun koordinasi dalam melakukan pengawasan ormas asing di Aceh.

     Kegiatan sehari itu juga dihadiri oleh Kasubdit Ormas Asing Direktorat Ormas Ditjen Polpum Kemendagri, Dra Ir Yuniat Irawati SP MP dan Edi Son SH MH dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh.Acara tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri atas perwakilan dari berbagai lembaga terkait.

     Kepala Badan Kesbangpol Aceh Drs Mahdi Efendi dalam sambutannya menyampaikan secara undang-undang tidak melarang ormas asing dibentuk di Indonesia, tetapi harus mengikuti aturan yang berlaku.Setiap kegiatan ormas asing, harus selalu diawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Saya berharap kita bisa saling meningkatkan koordinasi dan saling berbagi informasi antar sesama,” katanya.

    Sementara Kasubdit Ormas Asing Direktorat Ormas Ditjen Polpum Kemendagri, Yuniat Irawati menyampaikan setiap ormas asing yang melaksanakan kegiatan di Indonesia harus mengantongi izin prinsip dan izin operasional dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI.